Dorong Ekonomi Sirkular, Danone Indonesia Bersama Pemerintah Kota Tangerang Jemput Bola Vaksinasi Covid-19 Pemulung dan Pelapak

  • Whatsapp


Untuk kesekian kalinya Danone Indonesia menggelar sentra vaksinasi yang diperuntukkan bagi kelompok rentan. Bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tangerang dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, pada hari ini (28/9) Danone Indonesia membuka akses vaksinasi COVID-19 bagi kelompok rentan dengan jemput bola di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Tangerang bagi 500 pemulung dan pelapak. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Danone Indonesia dalam mendorong ekonomi sirkular, di mana pemulung dan pelapak merupakan bagian terpenting dari pengelolaan sampah di Indonesia.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Tihar Sopian, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Allin Hendalin Mahdaniar, serta Direktur Sustainable Development Danone Indonesia Karyanto Wibowo melakukan peninjauan secara langsung kegiatan vaksinasi di TPA Rawa Kucing.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tangerang Arief. R. Wismansyah mengungkapkan apresiasi atas kolaborasi yang tercipta dalam mendukung pemerintah Kota Tangerang dalam percepatan herd immunity dan pemerataan vaksinasi masyarakat khususnya bagi kelompok rentan. “Proses percepatan vaksinasi masih terus digencarkan di wilayah Kota Tangerang. Kami memahami ada keterbatasan yang dialami oleh kelompok rentan terutama bagi kaum pemulung  dan pelapak dalam memperoleh vaksin. Sentra vaksinasi ini sebagai bentuk usaha kami untuk menjangkau pemerataan vaksinasi sampai ke tingkat bawah. Kami juga terus melalukan vaksinasi door to door sebagai upaya menyasar masyarakat yang masih memerlukan edukasi terkait pentingnya vaksinasi COVID-19. Kami mengapresiasi inisiatif dan dukungan Danone Indonesia dalam membantu Pemerintah Kota Tangerang dengan menggelar sentra vaksinasi yang menjangkau segala lapisan masyarakat untuk mencapai kekebalan komunal dan mewujudkan Indonesia sehat.”

 

Direktur Sustainable Development Danone Indonesia Karyanto Wibowo turut menyampaikan bahwa sentra vaksinasi ini menjadi wujud aksi nyata Danone Indonesia dalam mendukung pemerintah melakukan percepatan laju vaksinasi di Indonesia. “Kegiatan hari ini menjadi bagian dari rangkaian sentra vaksinasi yang dilakukan oleh Danone Indonesia. Kami bekerja sama dengan DLH Kota Tangerang ingin memberikan kemudahan akses vaksinasi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk memperoleh haknya mendapatkan kesehatan, terutama bagi kelompok rentan seperti pemulung dan pelapak yang berada di TPA Rawa Kucing. Keterbatasan yang mereka alami harus kita bantu dan fasilitasi sehingga tidak ada yang tertinggal dalam upaya pemulihan ini. Pemulung dan pelapak merupakan bagian penting dari sistem pengelolaan sampah di Indonesia sehingga kami ingin memastikan keamanan dan kesehatan mereka agar pengelolaan sampah di Indonesia dapat tetap berjalan untuk penerapan ekonomi sirkular sesuai dengan komitmen Danone Indonesia dalam #BijakBerplastik.”

Danone dan DLH Kota Tangerang memberikan akses vaksinasi bagi kelompok rentan seperti pemulung dan pelapak yang berada di TPA Rawa Kucing.

Menurut data dari Kemenkes pada 27 September 2021, masyarakat di Kota Tangerang yang telah mendapat vaksin COVID-19 dosis pertama sebanyak 1,2 juta orang atau 80% dari target provinsi, sedangkan yang telah mendapat vaksin COVID-19 dosis kedua baru mencapai lebih dari 600 ribu orang atau 40% dari target provinsi.

 

Di sepanjang tahun ini, Danone Indonesia telah menggelar beberapa sentra vaksin bagi kaum rentan melalui kerja sama dengan berbagai pihak bagi komunitas pemulung dan pelapak. Seperti pada bulan Agustus lalu, Danone Indonesia bersama Dinas Sosial DKI Jakarta mengadakan vaksinasi di kawasan marjinal  wilayah Kapuk, Jakarta Barat. Selain itu, Danone Indonesia juga berkolaborasi dengan berbagai organisasi seperti YCAB Foundation di Jakarta Barat dan Octopus Indonesia di Bandung dalam memfasilitasi kaum rentan untuk memperoleh vaksinasi COVID-19. Selain fasilitasi kegiatan vaksinasi, Danone Indonesia juga turut memberikan sembako sebagai pengganti pemasukan harian para pemulung dan pelapak.

 

Sejak awal pandemi COVID-19, Danone Indonesia telah mengalokasikan Rp56 Miliar Rupiah melalui kemitraan multisektor dan mendukung pelaksanaan program vaksinasi di 88 sentra vaksin di 20 kota besar di Indonesia yang telah menjangkau hampir 2 juta penerima vaksin, di antaranya komunitas pemulung dan pelapak. Danone Indonesia turut  menyalurkan lebih dari 1,300-unit alat pelindung diri, 1,250 boks masker bedah, 500-unit velbed, serta alat kesehatan medis lainnya. Selain itu, dukungan hidrasi sebanyak 1,5 juta botol air minum dalam kemasan turut disalurkan sebagai upaya dalam memastikan kebutuhan hidrasi masyarakat terpenuhi.

“Danone Indonesia akan terus melakukan berbagai inisiatif melalui program berkelanjutan kami untuk mendukung kehidupan masyarakat yang lebih sehat di tengah kondisi dan situasi saat ini. Kami juga akan selalu menguatkan komitmen kami dalam menghadirkan kesehatan bagi masyarakat untuk mewujudkan Indonesia sehat dan ekonomi bangkit,” tutup Karyanto.



Source link

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *