5 Buah yang Berbahaya dan Dilarang untuk Ibu Hamil

  • Whatsapp


Makan buah saat hamil memang memiliki banyak manfaat, selain menyegarkan, pun bisa membuat ibu hamil dan janin mendapatkan vitamin serta nutrisi dari buah. Namun, ternyata ada juga, lo, buah yang berbahaya dan dilarang dikonsumsi untuk ibu hamil.

Beberapa buah yang mengandung gula alami tinggi, justru harus dihindari atau dibatasi mengonsumsinya. Apalagi buah yang sulit dicerna dan bisa menyebabkan rahim kontraksi.

Artikel terkait: 15 Jenis Mimpi yang Sering Dialami Ibu Hamil serta Maknanya

Buah yang Berbahaya dan Dilarang Dikonsumsi untuk Ibu Hamil secara Berlebihan 

Bunda, berikut ini penjelasan 5 buah yang berbahaya untuk ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan.

1. Buah Kurma

Kurma mengandung gula yang tinggi.

Kurma memang banyak manfaatnya, tetapi buah kurma sangat tinggi kandungan gula alaminya. Bagi Bunda yang menderita diabetes kehamilan, akan sulit mencerna glukosa yang terkandung di dalam kurma. Sehingga bisa membuat tingkat gula darah meningkat.

Sebaiknya konsumsi kurma dibatasi jika Bunda punya risiko diabetes, sampai Bunda melahirkan untuk mencegah komplikasi apa pun.

2. Nanas

buah yang berbahaya untuk ibu hamil

Makan buah saat hamil harus menghindari buah yang bisa memicu kontraksi rahim seperti buah nanas.

Meskipun nanas adalah sumber protein, mineral, dan vitamin yang baik untuk kesehatan, tetapi saat hamil, terutama ketika hamil muda, nanas sebaiknya dihindari, ya, Bun. Sebab, nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang bisa menyebabkan serviks melemah. Hal ini bisa mengakibatkan kontraksi dini atau bahkan keguguran.

Selain itu, nanas juga mengandung kadar gula yang tinggi, dan bisa berbahaya bagi ibu yang menderita diabetes gestasional jika dikonsumsi berlebihan. Serta bisa memicu kontraksi rahim, sehingga tidak baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil.

Artikel terkait: 8 Gerakan Ringan untuk Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

3. Pisang

buah yang berbahaya untuk ibu hamil

Makan buah saat hamil sebaiknya jangan yang mengandung karbohidrat tinggi, karena bisa menyebabkan kenaikan gula darah.

Salah satu manfaat pisang untuk ibu hamil yaitu dapat mengatasi rasa mual yang disebabkan oleh morning sickness saat trimester pertama kehamilan. Hal ini karena pisang kaya akan vitamin B6, yakni jenis vitamin yang dapat mengurangi gejala mual yang berlebihan.

Selain itu, pisang juga memiliki kandungan potasium yang baik bagi kesehatan Bunda. Namun, kandungan karbohidrat pisang yang cukup tinggi bisa menyebabkan tingkat gula darah meningkat. Ibu hamil yang menderita diabetes gestasional sebaiknya menghindari makan pisang berlebihan.

4. Anggur

Bunda, 5 Buah Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan oleh Ibu Hamil

Anggur bisa menjadi buah yang berbahaya untuk ibu hamil.

Buah anggur tidak disarankan untuk dikonsumsi saat hamil karena kandungan pestisida yang disemprotkan pada tanaman anggur. Selain itu, kulit buah anggur tidak mudah untuk dicerna, sehingga berisiko membuat ibu hamil menderita sembelit atau konstipasi.

Buah anggur juga mengandung karbohidrat yang bisa diubah menjadi glukosa di dalam tubuh. Hal ini bisa meningkatkan level gula darah ibu hamil, dan berisiko menyebabkan diabetes. Sebab itulah, ibu hamil disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi buah ini.

Artikel terkait: Kenali penyebab sembelit saat hamil berikut ini untuk tahu cara mengatasinya

5. Pepaya Mentah Adalah Buah yang Berbahaya untuk Ibu Hamil

Bunda, 5 Buah Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan oleh Ibu Hamil

Pepaya mentah adalah salahsatu buah yang berbahaya untuk ibu hamil.

Buah pepaya mentah atau setengah matang memiliki kandungan lateks yang bisa memicu kontraksi rahim. Ibu hamil disarankan untuk menghindari makanan apa pun yang mengandung pepaya mentah selama trimester ketiga dan menjelang akhir masa kehamilan.

Akan tetapi, bagi Bunda yang suka makan pepaya, pepaya yang matang dan manis tetap bisa dikonsumsi. Sebab, kandungan papain yang lebih rendah dan umumnya dianggap sangat menyehatkan bagi ibu hamil. Serta, pepaya matang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan vitamin.

***

Makan buah saat hamil sebaiknya dilakukan secara rutin, dan pilihlah buah yang benar-benar matang sempurna juga tidak busuk. Sehingga kebaikan buah bisa Bunda dapatkan secara maksimal dan dampak negatifnya bisa dihindari.

Bunda juga harus menghindari buah yang masih mentah, dan tidak dicuci dengan bersih. Begitu pun dengan buah kalengan atau buah kering, apalagi manisan. Sebab, biasanya buah yang sudah diolah itu mengandung gula tambahan yang berbahaya bagi ibu hamil.

Itulah sederet buah buah yang berbahaya dan dilarang dikonsumsi untuk ibu hamil dalam jumlah berlebihan. Semoga bermanfaat untuk Bunda.

Referensi: Tiny Step

Baca juga:

15 Pantangan Ibu Hamil 2 Bulan yang Wajib Dihindari

Janin Merasa Sakit di Dalam Kandungan, Memangnya Bisa?

7 Macam Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *