Cara Cek NISN Online, Nomor Induk Siswa Berdasarkan Nama

  • Whatsapp
Mudah! Ini Cara Cek NISN Online di Laman Resmi Kemdikbud


Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) kini jadi syarat utama untuk melakukan pendaftaran dalam seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya sangat memerlukan NISN agar bisa mendaftar di sekolah yang diinginkan. Cek NISN siswa juga bisa dicek secara online via situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lalu, bagaimana cara cek NISN online? Di bawah ini akan dijelaskan tata cara pengecekannya. 

Apa Itu NISN dan Seberapa Penting NISN bagi Siswa? 

Sumber: iStockphoto

Siswa yang hendak mendaftar dalam seleksi PPDB 2021 perlu memiliki NISN. Berdasarkan laman resmi Kemdikbud, NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh Sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Ibaratnya, NISN seperti nomor identitas siswa yang melekat. Namun, pemberian NISN hanya dilakukan oleh sekolah yang sudah memiliki NPSN dan terdaftar di Kemdikbud. Pengelolaan NISN dilakukan secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) dan merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemdikbud. 

Artikel terkait: Ajarkan Peribahasa Indonesia Ini pada Anak Agar Sadar Pentingnya Pengelolaan Keuangan

Nantinya, setelah proses input berhasil, pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs nisn.data.kemdikbud.go.id. Fungsi dari NISN juga cukup banyak, mulai dari syarat pendaftaran seleksi PPDB, identifikasi identitas siswa, dan masih banyak lagi. Berikut tujuan dan manfaat NISN secara umum:

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan, dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Artikel terkait: Daftar SMA Terbaik di Indonesia Versi Kemendikbud

Bagaimana Cara Cek NISN Online di Laman Kemdikbud?

cek NISN Sumber: iStockphoto

Cara cek NISN siswa secara online juga sangat mudah. Jika siswa sudah pernah memasukkan NISN secara lengkap dan tepat, maka tidak butuh waktu lama untuk menampilkannya di laman resmi Kemdikbud. Berikut cara cek NISN online lewat gawai. Yang jelas, cek NISN siswa sudah bisa dilakukan dengan memasukkan nama. Berikut ini cara cek NISN berdasarkan nama siswa:

  1. Akses laman resmi NISN Kemdikbud.
  2. Silakan masukkan nama lengkap siswa.
  3. Masukkan tempat dan tanggal lahir siswa.
  4. Ketik nama ibu kandung.
  5. Centang bagian Captcha.
  6. Klik “Cari Data”.
  7. Jika data yang dimasukkan benar, maka data NISN akan segera keluar.

Artikel terkait: Daftar SD Terbaik di Jakarta Timur Menurut Akreditasi BAN-SM

Bagaimana Cara Cek NISN Siswa lalu Memperbaiki Data yang Tidak Sesuai?

cek NISN online Sumber: ANTARA Foto

Terkadang, karena satu dan lain hal terdapat kesalahan informasi yang tertulis di laman Kemdikbud. Misalnya nama lengkap atau tanggal lahir anak yang tidak sesuai dengan akta kelahiran. Jika siswa mengalaminya, tak perlu khawatir sebab hal ini bisa diperbaiki. Berikut cara memperbaiki data NISN yang tidak sesuai informasi asli:

  1. Siapkan persyaratan yang ingin dilampirkan untuk keperluan upload berkas, yakni scan ijazah siswa jenjang sebelumnya dan scan akta kelahiran siswa.
  2. Login halaman pada halaman NISN menggunakan username dan password seperti biasa.
  3. Klik bagian menu Edit Data > Pengajuan > Nama & Tanggal Lahir.
  4. Pilih bagian “siswa”  dan klik “ok”. Kemudian pilih dan klik nama siswa yang akan diganti datanya dan klik “ok”.
  5. Selanjutnya akan muncul tampilan perubahan data yang dikehendaki.
  6. Isi data sesuai dengan perubahan yang diajukan. Upload berkas yang diperlukan (akta/ijazah.jpg).
  7. Berikutnya akan muncul hasil perubahan. Teliti kembali apakah sudah sesuai dan jika sudah klik tombol “pengajuan perubahan”.
  8. Data NISN sudah berhasil diperbaharui. Untuk melihat laporan apakah sudah ditangani bisa cek di bagian “Status”. 

Nah, Parents, itulah cara mudah cek NISN siswa dan cek NISN online di laman Kemdikbud yang bisa Anda lakukan lewat gawai, laptop, PC, ataupun tablet. Cukup mudah, kan? Jika sudah berhasil mengeceknya, jangan lupa pastikan semua data yang tertulis di NISN online sudah sesuai dengan informasi asli, ya. Hal ini penting untuk menghindari adanya kesalahan di masa depan.

Baca juga:

id.theasianparent.com/nisn-hanya-yang-terdaftar-di-dapodik

id.theasianparent.com/sd-terbaik-di-jakarta-berdasarkan-akreditasi-ban-sm

id.theasianparent.com/homeschooling-surabaya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *