Arti Nama Al-Fatih Beserta dalam Islam Beserta Rangkaiannya

  • Whatsapp


Parents, menyematkan nama pada calon buah hati tentunya tidak boleh sembarangan. Nama merupakan doa yang nantinya akan anak kita bawa hingga ia dewasa nanti. Jika Anda ingin memberi nama bernuansa Islam pada calon jagoan, maka nama Al-Fatih bisa menjadi pilihan. Selain pelafalannya indah, arti nama Al-Fatih juga ternyata mengandung makna positif dan bermakna baik saat disematkan, loh. 

Artikel terkait: Arti Nama Nara yang Bisa Dipakai untuk Bayi Laki-laki dan Perempuan

Arti Nama Al-Fatih Menurut Ajaran Islam

Al-Fatih termasuk ke dalam nama bayi laki-laki Islami. Asal katanya berasal dari bahasa Arab, yakni Fatih (فاتح) yang memiliki arti sebuah pembukaan.

Adapun nama ini juga merupakan bentuk lain dari surat pertama dari Al-Quran, yakni Al-Fatihah. Maka itu, dari artinya yang satu ini, orang-orang Arab sana kerap menjadikan nama Al-Fatih untuk anak laki-laki pertama di sebuah keluarga. 

Tak hanya bahasa Arab, nama Al-Fatih juga ditemukan dalam bahasa Turki. Dalam bahasa tersebut, variasi penulisannya berasal dari kata El-Fatih (الفاتح). Jika diartikan secara harfiah, ini merupakan sebuah gelar yang digunakan oleh Sultan Mehmed II, seorang jenderal perang Muslim terkenal yang berhasil menaklukkan Konstantinopel. 

Jadi Nama Jenderal Muslim Terhebat, Ini Arti Nama Al-Fatih untuk Putra Parents

Nah, dari hal tersebutlah, pada akhirnya kata Al-Fatih kerap juga diartikan sebagai seorang pemimpin, seorang penakluk, atau pun sosok laki-laki yang pemberani. 

Dari segi penulisan, nama ini bisa dieja sebagai ‘Al-Fatih’, ‘Alfatih’, atau pun El-Fatih seperti dalam bahasa Tukri. Tergantung penggunaan di berbagai daerah. Namun, meski ejaan yang digunakan cenderung berbeda, tetapi arti dari nama ini sama-sama positif dan mengandung doa baik saat disematkan pada calon buah hati.

Popularitas

Sultan Mehmed II Sultan Mehmed II | Foto: Kompas

Al-Fatih sendiri merupakan nama yang populer di Negara Timur Tengah serta salah satu nama bayi laki-laki Islam yang populer juga digunakan di Indonesia.

Kepopuleran namanya ini tentunya tak luput dari tokoh populer Muhammad Al-Fatih atau Sultan Mehmed II. 

Sultan Mehmed II ini merupakan salah satu tokoh jenderal Muslim terhebat. Ia merupakan anak didik dari Syekh Syamsudin yang juga masih keturunan sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar As-Siddiq. 

arti nama Al-Fatih

Selain berhasil menaklukkan Konstantinopel, Sultan Mehmed Al-Fatih juga dikenal sebagai seorang yang cerdas, loh, Parents. Ia sangat ahli di bidang sains, matematika, serta dikenal menguasai 6 bahasa sekaligus ketika usianya masih 21 tahun.

Maka, tidak heran jika nama Al-Fatih ini menjadi salah satu nama bernuansa Islami yang populer. Dengan menyematkan nama Al-Fatih, hal ini juga bisa menjadi salah satu doa baik bagi seorang anak kelak untuk bisa memiliki sifat-sifat positif yang dimiliki oleh Sultan Mehmed II tersebut. 

Sifat dan Karakter

Jadi Nama Jenderal Muslim Terhebat, Ini Arti Nama Al-Fatih untuk Putra Parents

Dari segi sifat dan karakter, tentunya seorang dengan nama Al-Fatih tidak luput dari sosok yang bijaksana dan berpendirian tegas. Biasanya, seorang yang bernama Al-Fatih atau Fatih adalah sosok yang cerdas, bertanggung jawab, serta bijaksana. Sehingga, mengikuti arti baik dari namanya, ia juga sangat cocok untuk menjadi seorang pemimpin kelak. 

Meski begitu, sifat dan karakter seseorang tentunya tidak bisa kita tentukan secara mutlak hanya dari namanya saja. Pasalnya, sifat dan karakter seorang anak ditentukan oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya adalah faktor lingkungan, pertemanan, keluarga, serta tentunya faktor pola asuh yang diberikan oleh kedua orangtuanya. 

Artikel terkait: Jadi Nama Artis Kawakan Tanah Air, Ternyata Ini Arti Nama Diandra

Inspirasi Rangkaian Nama Al-Fatih

Jadi Nama Jenderal Muslim Terhebat, Ini Arti Nama Al-Fatih untuk Putra Parents

Nama Al-Fatih umumnya digunakan untuk nama tengah dan belakang. Meski sebenarnya akan terdengar bagus dan cocok-cocok saja, tetapi nama Al-Fatih cenderung jarang digunakan sebagai nama depan. Untuk penggunaan nama depan, yang umum digunakan adalah kata ‘Fatih’ saja tanpa embel-embel Al di depannya. 

Nah, bagi Parents yang sedang mencari inspirasi rangkaian nama dari kata Al-Fatih, berikut kami rangkum rekomendasi selengkapnya:

Rangkaian untuk Nama Tengah

Jadi Nama Jenderal Muslim Terhebat, Ini Arti Nama Al-Fatih untuk Putra Parents

1. Hafidz Al-Fatih Shiddiq: Penghafal Al-Quran pertama di keluarga, seseorang yang menuntun pada kebenaran.

2. Muhammad Al-Fatih Ali: Seorang yang cerdas, mulia, sangat baik.

3. Muhammad Al-Fatih Nurman: Pemimpin bertanggung jawab dan berhati baik.

4. Prima Al-Fatih Rahman: Anak pertama yang diberkahi keberanian dan memiliki sifat pengasih/penyayang.

5. Rifqi Al-Fatih Ibrahim: Anak lelaki pertama yang lemah lembut, cerdas, dan berwibawa

6. Zainal Al-Fatih Ramadhan: Seorang berkepribadian baik yang lahir di bulan Ramadan. 

Rangkaian untuk Nama Belakang

Jadi Nama Jenderal Muslim Terhebat, Ini Arti Nama Al-Fatih untuk Putra Parents

7. Adam Al-Fatih: Anak laki-laki pertama di keluarga.

8. Muhammad Arkan Al-Fatih: Seorang anak pertama pemberani yang diberkahi banyak kemuliaan. 

9. Sultan Shadam Al-Fatih: Seorang penakluk atau pemimpin yang tegas dan gagah. 

10. Imam Nazar Al-Fatih: Seorang pemimpin yang kuat dan pemberani.

11. Faris Ramadhan Al-Fatih: Anak laki-laki pandai yang lahir di bulan Ramadan.

12. Zumar Ali Al-Fatih: Seorang anak laki-laki pertama yang diberkahi ketampanan serta sikap  mulia. Seorang pemenang. 

Artikel terkait: Arti Nama Aqila untuk Buah Hati Parents, Seorang Putri yang Bijaksana

Itulah ulasan tentang arti nama Al-Fatih yang memiliki banyak makna positif di dalamnya. Jadi, Parents tertarik menyematkan nama ini pada calon jagoan Anda?

***

Baca juga:

id.theasianparent.com/nama-bayi-sansekerta-perempuan

id.theasianparent.com/nama-bayi-cina

id.theasianparent.com/nama-anak-perempuan-korea

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *