“Berakhirnya PPKM Darurat Covid-19 Tanggal 25 Juli 2021”

  • Whatsapp


POJOK News

“Olimpiade Dunia Bertarung Melawan COVID-19”

Oleh: Fathonie Abdullah
(Journalist-Researcher)

Olimpiade Tokyo 2021 sedang berlangsung sampai 8 Agustus 2021 setelah tertunda sekitar setahun. “Mata Dunia Terbuka” bahwa Jepang berani menyele ggarakan dan melaksanakan ajang akbar di tengah momok kecemasan terhadap Pandemi COVID-19 bukannya tanpa pertimbangan. Karena, nyawa para atlet “taruhannya” — dan sudah diingatkan oleh United Nations General Secretary Antonio Gutteres.

Jelang dan sampai berakhirnya PPKM Darurat (25 Juli 2021), masyarakat sudah ramai kembali ke jalan-jalan di sekitar kawasan tempat tinggal mereka. Namun lintas kota, kabupaten, dan proponsi; melalui ‘rules’ penyekatan jalan, rupanya berhasil mengelaminir mobilisasi masyarakat yang biasanya tinggi ‘traffict’-nya. Dan, ‘rules’ pembatasan buka-tutup tempat-tempat tertentu (termasuk pasar tradisional dan ‘mini market’) juga cukup berhasil mengurangi aktivitas keseharian rumah-tangga masyarakat.

Dan, yang lebih menggembirakan, info via media sosial yang menyebutkan data-data dan fakta bahwa telah terjadi penurunan jumlah kasus ‘positif Covid-19’ dan jumlah kematian akibat COVID-19 di banyak kota dan kabupaten di Indonesia. Bahkan, di akun Facebook Presiden RI Ir Joko Widodo, disebutkan ada anak sekolah dasar yang ‘curhat’ sudah bosan di rumah terus.

Tentu, karena keberhasilan pelaksanaan program vaksinisasi.

“Vaksin terbukti efektif mengurangi tingkat kematian.

Data vaksinasi di Jakarta dari 12 Januari hingga 9 Juli tunjukkan populasi yang sudah divaksin lebih kecil kemungkinannya untuk terpapar COVID-19. Jika terpapar pun, tingkat keparahan penyakit atau risiko kematiannya juga jauh menurun; kebanyakan hanya menunjukkan gejala ringan atau tidak bergejala sama sekali.

Vaksin aman dan efektif untuk kita. Jangan tunda, jangan meragu. Segera divaksinasi begitu vaksin tersedia di dekatmu. Vaksin dan 5M adalah cara terbaik memutus mata rantai penyebaran COVID-19.”

Demikian informasi yang dilansir di situs Covid19.go.id;
tentu saja, semua berharap kondisi bisa normal kembali. Apalagi, setelah Olimpiade Tokyo bisa selesai tanpa ada yang tertular dan/atau “kena” COVID-19, tentu berpengaruh besar pada penyesuaian kebijakan penanggulangan Pandemi COVID-19.
*****



Source link

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *