Kenapa Anak Muda Perlu Berinvestasi Sejak Dini?

banner 468x60


Penulis: Rifdah Khalisha

#WritingChallengeGNFI#CeritaDaerahdariKawan#MakinTahuIndonesia

Kebanyakan dari Kawan tentu lebih suka menabung uang sebagai deposito di bank sehingga tak perlu khawatir, lebih aman dan pasti. Padahal, akan lebih tinggi potensi keuntungannya jika Kawan menabung dengan investasi. Investasi adalah proses mengumpulkan sejumlah dana dengan tujuan mendapat keuntungan finansial di masa mendatang.

Sebagian besar masyarakat memang masih belum paham dan sadar akan pentingnya berinvestasi sejak dini. Bahkan, menganggap bahwa berinvestasi justru punya risiko tinggi. Hal ini belum tentu terjadi jika Kawan memiliki ilmu dasar dan memahami profil risiko sehingga berinvestasi pada instrumen yang benar.

Terlebih jika Kawan masih muda, maka ini waktu yang tepat untuk berinvestasi. Hal ini karena jika mengalami kegagalan, setidaknya Kawan masih punya banyak waktu untuk memulainya kembali. Namun, kenapa sih kita harus berinvestasi? Nah, Kawan bisa menemukan jawabannya dengan menyimak alasan berikut.

1. Meningkatkan Aset Keuangan

Ilustrasi © Freepik.com

info gambar

Saat Kawan berinvestasi berarti Kawan sudah berusaha menyisihkan sebagian dana milikmu. Jika Kawan mengalokasikan dana tersebut ke investasi yang tepat, maka dalam jangka waktu tertentu bisa memberimu timbal balik. Bahkan, lebih banyak dari dana yang Kawan alokasikan, misalnya saja 10 persen atau 20 persen lebih banyak.

Selain menjadi pribadi yang lebih bijak dalam mengeluarkan dana, Kawan juga bisa meningkatkan aset. Menariknya, seiring berjalan waktu, dana investasi akan terus bertambah. Jadi, Kawan dapat memanfaatkan investasi sebagai sumber penghasilan tambahan.

2. Meraih Kebebasan Finansial Tanpa Jerat Utang

Ilustrasi © Freepik.com

info gambar

Tanpa Kawan sadari, utang sering menjadi masalah besar dalam keuanganmu. Kalau tidak mau keuanganmu memburuk, maka harus cerdas mengelola arus keuangan. Kawan bisa, lho, berkomitmen menghindari masalah jerat utang melalui investasi.

Bukankah sebagai anak muda, Kawan juga punya banyak kebutuhan dan tujuan? Misalnya saja nongkrong ke kedai kopi kekinian, membeli gawai keluaran terbaru, menonton konser musik idolamu, mengunjungi daerah atau negara impian, dan masih banyak lainnya.

Investasi dapat membantu Kawan menerima penghasilan tambahan. Jadi, peluang Kawan memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan tanpa perlu berutang pun semakin terbuka luas. Dengan begitu, Kawan bisa berproses untuk meraih kebebasan finansial di masa mendatang.

3. Menyiapkan Masa Depan

Ilustrasi © Freepik.com

info gambar

Setiap orang menginginkan masa depan yang nyaman dan sejahtera. Kawan mungkin ingin melanjutkan pendidikan, menyiapkan biaya pernikahan, melaksanakan ibadah, mengelilingi dunia, atau bahkan merencanakan dana hari tua. Namun, sudah sejauh manakah usaha Kawan untuk mewujudkan hal tersebut?

Kawan harus mulai merencanakan kebutuhan besar tersebut secara matang. Oleh karena itu, Kawan perlu berinvestasi secara tepat sedini mungkin. Hal ini karena kenaikan keuntungan investasi bisa sejalan dengan kenaikan biaya tujuanmu.

Setelah mengetahui alasan berinvestasi di atas, bukankah menarik untuk mencoba investasi dari sekarang? Kawan juga perlu berhati-hati terhadap investasi bodong yang menawarkan keuntungan tinggi tak masuk akal. Pilihnya investasi yang telah terjamin aman dengan pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).Yuk, berinvestasi dan rasakan manfaatnya!

Kawan, untuk mendengarkan dan mengetahui lebih banyak informasi, yuk, dengarkan podcast GoodVoice di Spotify supaya Kawan Makin Tahu Indonesia!

Referensi: Akseleran | Finance Detik | Xdana





Source link

banner 300x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *