Satuan Polisi Pamong Praja Seluruh Indonesia Terkait Kegiatan Harian

  • REDAKSI
  • April 7, 2020

Satpol-id — 7 April 2020 — Dalam penanganan penyebaran pendemi COVID 19 yang semakin meluas dan menyebabkan korban jiwa, beberapa daerah melalui Satpol PP bersama komponen lain.

Adapun aparat melakukan beberapa langkah-langkah untuk mengantisipasi dan meminimalisir penyebaran virus COVID 19 dengan melakukan pengawasan melalui patroli, sosialisasi kepada masyarakat, pembubaran kerumunan orang, dan penyemprotan desinfektan, serta penutupan beberapa akses jalan.

Beberapa Pemerintah Daerah pun telah memberikan instruksi dan himbauan kepada masyarakat untuk mengurangi kontak fisik dengan menutup tempat-tempat umum yang berpotensi mengundang kerumunan masyarakat.

Memang, masih terdapat masyarakat yang mengabaikan instruksi tersebut dengan masih membuka warung atau tempat usaha lain, sehingga diperlukan tindakan tegas dari Pemerintah Daerah melalui Satpol PP seperti memberikan peringatan dan bahkan pencabutan izin usaha agar pencegahan penyebaran virus COVID 19 bisa maksimal.

Selain itu, dengan adanya himbauan kepada masyarakat untuk menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker saat berada di luar rumah.

Diperlukan peran Pemerintah Daerah melalui Satpol PP untuk mengontrol dan mengawasi peredaran masker di wilayah masing-masing, agar tidak ada peredaran masker yang tidak layak pakai dan terjadinya penimbunan masker yang dapat berpengaruh terhadap kenaikan harga masker yang mengakibatkan kurangnya minat masyarakat untuk menggunakan masker.

Satuan Polisi Pamong Praja Seluruh Indonesia terkait kegiatan harian Satpol PP dalam penanganan penyebaran COVID 19 di tiap daerah.

Sehubungan hal tersebut, terdapat beberapa kegiatan dilaporkan sebagai berikut:

1. *Provinsi Nangroe Aceh Darussalam,* Satpol PP dan WH Aceh berjumlah 80 personil bersama TNI (Yon 112) 50 personil, POLRI ( sabhara, lantas, brimob) 50 personil, INSPEKTORAT 3 personil, Disperindag 2 personil, dan Kesbangpol 2 personil.

Mereka melakukan kegiatan pengawasan social dan phisycal distancing di Kota Banda Aceh mulai pukul 09.00 s.d 11.00 WIB. Tim di bagi dalam 2 Kelompok, yaitu Tim kelompok Pagi dengan rute Lamprit – Darussalam – Batoh dan Tim kelompok Malam dengan rute Kuta Alam – setui – ule lheu – keutapang.

2. *Provinsi Sumatera Selatan,* Pemerintah Kota melalui Satpol PP Kota Palembang menutup sementara akses pintu masuk menuju Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. Penutupan ini dilakukan demi mencegah masyarakat dalam melakukan aktivitas di keramaian terutama aktivitas di BKB Palembang.

3. *Provinsi Jawa Barat,* Satpol PP melaksanakan kegiatan TIBWASDAL PKL dan Kegiatan pembubaran kerumunan massa dalam rangka pengendalian PKL sekaligus sosialisasi dan pembubaran kerumunan utk pencegahan Covid-19, Pengawasan dan Pengendalian) PKL di beberapa titik seperti Kawasan ALUN-ALUN dan Bunderan binokasih; depan RSUD/SMAN 1; Kawasan TAMAN ENDOG; Jl. TAMPOMAS; Jl. 11 APRIL; Jl. PANYINGKIRAN dan Jl. MYR ABDURAHMAN/UPI.

4. *Provinsi Kalimantan Timur,* Satpol kota Bontang melakukan himbauan kepada warga untuk jaga jarak, tinggal di rumah dan keluar rumah harus pakai masker untuk mencegah penyebaran COVID 19.

5. *Provinsi Kalimantan Utara,* Satpol PP melakukan patroli dalam rangka Pencegahan Covid-19 mulai pukul 09.00 di seputaran wilayah Tanjung Selor.

6. *Provinsi Kalimantan Selatan,* Satpol PP Kota Banjarmasin melakukan sosialisasikan kepada pengendara yang melintas di Jalan Achmad Yani KM 6, Banjarmasin Timur.

Para anggota Satpol PP menggunakan banner bertuliskan berbagai macam imbauan supaya masyarakat bisa menyadari, bahwa penularan virus corona atau COVID-19 sangat cepat.

Selain itu, terdapat pemasangan tenda di Terminal Km 6 untuk melaksanakan operasi keselamatan intan 2020 yang fokusnya untuk mencegah virus corona atau COVID-19 tersebut.

Tenda tersebut yang akan dijaga pihak Kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan dan Dinas pertanian serta Dishub Banjarmasin, yang akan melakukan screaning suhunya badan bagi warga baru yang datang dari luar daerah kota Banjarmasin

7. *Provinsi Nusa Tenggara Barat,* Satpol PP Kab.Bima melakukan pengamanan terhadap Bupati dan Wakil Bupati Bima bersama unsur forkopimda saat melakukan pembagian masker bagi pengguna jalan sebagai salah satu upaya penanggulangan COVID 19 di Kab Bima.

Selain itu, Satpol PP & Damkar Kab. Lombok Utara bersama Polsek Gangga dan Trantib kecamatan Gangga, melaksanakan sosialisasi sekaligus himbauan kepada warga dusun Baru Murmas, Kec. Gangga yang melaksanakan perayaan tradisi muja ( nunas kaya ) dihimbau agar menghindari keramaian dan pengumpulan masa.

Ini guna mengantisipasi penyebaran Virus Covid – 19 di Kabupaten Lombok Utara. Sementara Satpol PP Provinsi bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM membagikan masker ke masyarakat di Pasar Cemare, Pasar Sayang-sayang, Pasar Abian Tubuh, Pasar Karang Jasi, Pasar Perampuan dan Pasar Kebon Roek.

8. *Provinsi Irian Jaya,* Satpol PP Kota Jayapura terpaksa melakukan penyegelan terhadap pangkas Rambut di Kamkey Distrik Abepura karena tidak menaati sesuai instruksi Walikota Jayapura, untuk menutup sementara pangkas Rambut, salon dan tempat usah yang ada kontak fisik guna memutus penyebaran virus Corona.

9. *Provinsi Papua Barat,* Satpol PP yang tergabung dalam Satgas Pencegahan COVID 19, mengatur penumpang di Bandara Rendani Manokwari.

Esai Foto:

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Santun, Amanah, Terhormat, Profesional, Optimis, Legowo, Peduli, dan Pantang Menyerah.