Satuan Polisi Pamong Praja
Nasional

Satpol-PP adalah polisinya Pamong Praja

Sekjen Depdagri: "Anggota Satpol-PP Harus Bangga dan Percaya Diri"

10Views

Satpol PP memberikan kontribusi yang besar dalam pengawasan, penegakan Perda dalam kontribusi peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan juga membina ketentraman serta ketertiban masyarakat.


“Anggota Satpol-PP harus bangga dan percaya diri,” ujar  Hadi Prabowo, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Hadi Prabowo  mengatakan, pasalnya, anggota Satpol-PP memiliki kontribusi yang besar dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda) serta menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat.

“Jadi anggota Satpol-PP harus berbangga hati dan punya percaya diri yang kuat karena paradigmanya sudah lain, bukan lagi penjaga gedung atau rumah dinas,” paparnya.

Hadi menegaskan hal itu, saat membuka Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Trantibum Linmas dalam Pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 di The Acacia Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (28/06/2019).

“Satpol-PP adalah polisinya Pamong Praja , dia merupakan penyidik PNS dan Satpol-PP,” ujar Hadi.

Masih menurut Hadi,  Satpol PP memberikan kontribusi yang besar dalam pengawasan, penegakan Perda dalam kontribusi peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan juga membina ketentraman serta ketertiban masyarakat.

Seiring dengan perannya yang begitu sentral, Hadi menekankan perlunya evaluasi dan penyempurnaan dalam implementasi Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Satpol-PP.

“Oleh karena itulah, harapan kita bersama setiap tahun perlu penyempurnaan terhadap kinerja, implementasi terhadap Tupoksi, ini penting sekali,” terang Hadi.

Tak hanya itu, Hadi juga meminta Pemerintah Daerah memberikan perhatian untuk peningkatan kapasitas Satpol-PP, terutama terkait kapasitas dalam implementasi peran sebagai Penyidik PNS.

“Saya minta pemahaman dan pengertiannya, daerah (Pemda) harus mendidik melalui peningkatanan kapasitas Satpol-PP untuk menjadi penyidik PNS dan khususnya dalam menjalankan tupoksinya,” ujar pak Sekjen.

Dalam hal ini, Hadi mengatakan, termasuk dalam hal berkoordinasi dengan instansi vertikal.

Harapannya, Hadi meneruskan wejagannya, daerah (Pemda) juga senantiasa berupaya mendukung sarana dan prasarana yang dibutuhkan Satpol-PP dalam menjalankan tugasnya.

“Kita lihat, Satpol-PP memberikan eksistensinya dengan mantap dimasa kini,” ungkap Hadi.

Dilanjutkan Hadi, salah satu bentuk keberhasilan Satpol-PP dalam menunjukkan eksistensinya adalah keberhasilan penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019.

“Kita patut bersyukur Penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019 yang merupakan pesta Demokrasi terbesar dan pertama di Republik ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar,” tuturnya.

Semua itu adalah juga merupakan kontribusi besar dari anggota Satpol-PP. Oleh karena itu, kami mengucapkan terimakasih dan selamat atas kerja keras penuh keikhlasan dan kecerdasan, kita pun bangga,” tutup Hadi.

 

 

REDAKSI
the authorREDAKSI

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas